1. Merokok

Merokok adalah menghisap gulungan tembakau yang dibungkus dengan kertas (Kamus Besar Bahasa Indonesia,1990: 752)
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok
1 Teman
Berbagai fakta mengungkapkan bahwa semakin banyak teman yang merokok maka semakin besar kemungkinan teman-temannya adalah perokok juga dan demikian sebaliknya. Dan fakta tersebut ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama terpengaruh oleh teman-temannya atau bahkan teman-temannya itu terpengaruhi diri tersebut yang akhirnya mereka semua menjadi merokok (Al Bachri,1991).
2 Kepribadian
Orang mencoba merokok karena alasan ingin tahu atau ingin melepaskan diri dari rasa sakit fisik atau jiwa membebaskan diri dari kebosanan.
3 Pengaruh iklan
Melihat iklan di media massa dan elektronik yang menampilkan gambaran bahwa perokok adalah lambang dari kejantanan membuat seseorang sering kali terpicu untuk mengikuti perilaku seperti yang ada dalam iklan tersebut (Mari Juniarti, Buletin RSKo, Tahun IX, 1991).
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di England, 120.000 orang meninggal akibat merokok setiap tahunnya. Dan semakin muda seseorang mulai merokok, maka semakin besar pula kemungkinan mereka mendapat masalah kesehatan dihari berikutnya.

Akibat negatif rokok, sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. Dalam asap rokok yang membara karena dihisap, tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan karbon monooksida, yang disamping asapnya sendiri, tar dan nekotin ( yang terjadi dari pembakaran tembakau tersebut ) dihirup masuk kejalan napas. Karbon monooksida, tar, nikotin berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan: Gelisah, tangan gemetar ( termor ), cita rasa atau selera makan kurang, ibu-ibu hamil yang merokok dapat kemungkinan keguguran kandungan.
Tar dan asap rokok dapat juga merangsang jalan napas, dan tertimbun didalamnya sehingga menyebabkan: Batuk-batuk atau sesak napas, kanker jalan napas, lidah, dan bibir. Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan: Jantung berdebar-debar, meningkatkan tekanan darah serta kadar kolesterol dalam darah. Gas karbon monoksida juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas. Karbon monoksida lebih mudah terikat pada hemoglobin dari pada oksigen. Oleh karena itu, darah yang kemasukan karbon monooksida banyak, akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon monoksida. Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan karbon monoksida, namun pengaruh karbon monoksida yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit, dengan lambat akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pembuluh darah ( hhtp: www. Astaga. Com. )
Penyakit yang ada hubungannya dengan merokok adalah penyakit yang diakibatkan langsung oleh merokok atau yang diperburuk keadaannya karena orang itu merokok. Penyakit menyebabkan kematian para perokok adalah: penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang sangat berbahaya dibanding penyakit kanker paru. Setiap tahun kira-kira 40.000 orang di Inggris yang berusia dibawa 65 tahun meninggal karena serangan jantung dan sekitar tiga perempat dari kematian ini disebabkan faktor merokok.
Penelitian terhadap kebiasaan merokok para dokter menunjukkan bahwa perokok berat dibawa usia 45 tahun mempunyai resiko 15 kali lebih besar menderita serangan jantung yang akan membunuh mereka dari pada orang yang berusia sama tetapi tidak merokok, trombosis koroner. Trombosis koroner atau serangan jantung terjadi bilamana bekuan darah menutup salah satu pembuluh darah yang memasok jantung. Akibatnya, jantung kekurangan darah dan kadang-kadang menghentikannya sama sekali. Merokok membuat darah orang itu menjadi lengket dan mudah membeku. Nikotin juga mengganggu irama jantung yang wajar dan teratur. Itulah sebabnya kematian yang secara tiba-tiba akibat serangan jantung tanpa peringatan lebih dulu lebih sering terjadi pada orang yang merokok dari pada tidak merokok.

Kanker.Kanker adalah penyakit yang sel-sel di beberapa bagian tubuh tumbuh mengganda secara tiba-tiba dan tidak berhenti. Tidak seorangpun mengetahui secara pasti bagaimana pertumbuhan tiba-tiba menjadi ganas. Namun, kita mengetahui bahwa jika sel-sel dibagian tubuh terangsang oleh substansi tertentu selama jangka waktu yang lama, penyakit kanker mulai terjadi. Substsnsi ini dikenal bersifat karsinogenik, yang berarti menghasilkan sel kanker. Dalam tar tembakau juga terdapat sejumlah bahan kimia yang bersifat karsinogenik. Karena tar tembakau sebagian besar terjadi di paru-paru, maka kanker paru adalah jenis kanker yang umum disebabkan oleh merokok. Tar tembakau dapat menyebabkan kanker bilamana ia merangsang untuk waktu yang lama, misalnya didaerah mulut dan tenggorokan. Penyakit paru merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan. Fakta mengejutkan setiap 25 menit, yang meninggal di Inggris akibat kanker paru dan sembilan dari sepuluh diantaranya adalah perokok, bronkitis. Bronkitis adalah penyakit yang ditandai dengan batuk-batuk karena paru-paru dan alur udara tidak mampu melepaskan mukus yang terdapat didalamnya secara normal. Mukus adalah cairan lengket yang terdapat dalam tabung halus, yang disebut tabung bronkial yang terletak didalam paru-paru

2. Bahan-bahan yang terkandung dalam Rokok

Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

v     Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.

v     Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.

v     Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

v     Benzopirine adalah salah satu dari bahan yang paling keras. Dikenal sebagai penyebab kanker binatang

v     Arsanile adalah bahan kimia yang berasal dari bahan kimia timah asenat yang digunakan sebagai peptisida diperkebunan tembakau

v     Colidin adalah digunakan untuk membunuh binatang. Pada manusia menyebabkan kelumpuhan.

v     Prusla acid adalah dapat mematikan dalam beberapa menit

v     Metil alkohol adalah menyebabkan kebutaan, pada binatang sebelum mati.