KONSEP ETIKA BATUK

  1. Pengertian  batuk dan bersin.

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Bersin merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mencegah masuknya zat asing ke dalam tubuh. Karena itu jangan ditahan jika anda terasa ingin bersin. Bersin adalah respon tubuh yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri tersebut. Bersin juga dapat timbul akibat adanya peradangan (rhinosinusitis), benda asing, infeksi virus, atau reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut muncul karena paparan terhadap bahan alergen.

  1. Jenis-jenis dan penyebab dari masing-masing batuk.

Agar Anda lebih dapat mengenali jenis batuk yang Anda alami, kenali perbedaannya dari suara yang ditimbulkan.

-         Batuk kering. Batuk dengan suara nyaring dan membuat perut ikut sakit, biasanya makin parah saat malam hari. Bisa disebabkan karena masuk angin, radang, atau asma.

-         Batuk produktif/batuk basah. Batuk yang sering diiringi dengan riak atau lendir, yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau asma.

Penyebab bersin

Bersin dapat disebabkan karena adanya  virus/kotoran/bakteri masuk ke hidung, antibodi mengidentifikasi bahwa ada benda asingyang masuk yang dapat membahayakan sistem tubuh maka terjadilah bersin

  1. Kebiasaan batuk yang salah.

-         Tidak menutup mulut saat batuk atau bersin di tempat umum.

-         Tidak mencuci tangan setelah digunakan untuk menutup mulut atau hidung saat batuk dan bersin.

-         Membuang ludah sudah batuk disembarang tempat.

-         Membuang atau meletakkan tissue yang sudah dipakai disembarang tempat.

-         Tidak menggunakan masker saat flu atau batuk.

  1. Cara batuk yang benar

Hal-hal perlu anda perlukan:

-          Lengan baju

-          Tissue

-          Sabun dan air

-          Gel pembersih tangan

Langkah 1

Sedikit berpaling dari orang yang ada disekitar anda dan  tutup hidung dan mulut anda dengan menggunakan tissue atau saputangan atau lengan dalam baju anda setiap kali anda merasakan dorongan untuk batuk atau bersin.

Langkah 2

Segera buang tissue yang sudah dipakai ke dalam tempat sampah.

Langkah 3

Tinggalkan ruangan/tempat anda berada dengan sopan dan mengambil kesempatan untuk pergi cuci tangan di kamar kecil terdekat atau menggunakan gel pembersih tangan.

Langkah 4

Gunakan masker

Tips & Peringatan

-         Ajarkan anak-anak cara yang tepat untuk batuk dan bersin untuk membantu mengurangi penyebaran penyakit di udara.

-         Bersin pada lengan baju bagian dalam adalah cara penting untuk membantu mengurangi penyebaran penyakit udara di seluruh dunia.

-         Jika menggunakan tissue, itu hanya boleh digunakan sekali dan diikuti segera dengan mencuci tangan dan membuang tissue pada tempat sampah.

DAFTAR PUSTAKA

-         www.surabaya-ehealth.org

-         http://id.wikipedia.org/wiki/Bersin

-         http://female.kompas.com

-         www.dechacare.com

About these ads